10 Cara Kalau Stress Tidak Makan Berlebihan



10 Cara Kalau Stress Tidak Makan Berlebihan [ www.BlogApaAja.com ]

Di dunia ini Anda pasti mengenal dua jenisorang, yang satu berhenti makan saat mengalami stres namun satunya beralih kemakanan penenang ketika merasa tertekan.



Sayangnya, sebagian besar orang justruterperosok ke kategori kedua. Orang-orang ini pun berusaha mendapatkan berbagaimakanan penenang yang rasanya enak, creamy dan berlemak yang mungkin bisa sajamenyediakan semacam pelipur lara baginya selama beberapa jam. Namun nantinyamakanan ini hanya akan menambah stres karena bisa menambah berat badan.

Jika Anda rentan terserang kecenderungan untukmakan karena stres, cek 10 tips untuk menenangkan diri dan melawan hal ituseperti dikutip dari Health24, berikut ini:

1. Buatlah Diari Makanan



Buatlah diari makanan dengan menuliskanberbagai jenis, termasuk jumlah yang Anda makan ketika Anda mengalami stres.Tuliskan juga apa pemicu stres Anda. Hal ini akan membuat Anda tersadar darikebiasaan buruk itu dan membantu Anda menguranginya di masa depan.

2. Jangan Melewatkan Jam Makan



Makanlah secara teratur dan pilihlah cemilanyang tinggi serat, buah-buahan, sayuran, yoghurt rendah lemak dan keju untukmemecah siklus dimana Anda ingin membuka lemari es dan makan makanan enak namuntak sehat secara terus-menerus.

3. Cari Makanan yang Indeks Glikeminya Rendah



Pastikan sebagian besar karbohidrat yang Andakonsumsi memiliki indeks glikemi (GI) rendah untuk menghasilkan energi yangberkelanjutan. Pasta, beras merah, kacang kering dan ubi jalar merupakan contohyang baik untuk jenis makanan tersebut. Untuk cemilan, Anda bisa mencobawortel, stik seledri, brondong jagung (popcorn) tanpa mentega dan kue beras.

4. Siapkan Makanan Sehat di Rumah



Untuk mencegah kebiasaan melampiaskan strespada makanan tak sehat, sediakan selalu cemilan yang sehat dan lezat di rumah.Misalnya buah segar, telur, biskuit, keju, roti gandum dan yoghurt rendahlemak.

5. Rileks, rileks



Cari tahu apa yang bisa membuat Anda merasarileks. Bisa jadi jalan-jalan, olahraga di gym, mandi,

meditasi, pijat atau menghabiskan waktu denganpasangan Anda? Lain kali jika Anda merasa stres, alih-alih melampiaskannya kemakanan penenang yang tidak sehat, atasi stres dengan menikmati salah satukegiatan favorit Anda itu.

6. Hargai Diri Anda



Banyak orang yang memberi penghargaan kepadadirinya sendiri dengan makanan seperti keripik dan kue cokelat. Waspadai apayang Anda lakukan itu dan carilah alternatif seperti membeli majalah yang bagusatau menonton film di bioskop.

7. Berhenti Khawatir



Tak kunjung berhenti khawatir terhadapberbagai hal yang mungkin terjadi adalah perilaku yang sia-sia. Terkadang adabanyak hal yang berada di luar jangkauan Anda dan tersiksa karenanya takkanmenghasilkan apapun.

8. Bergeraklah!



Olahraga teratur mengontrol kadar gula darahAnda, oleh karena itu aktivitas tersebut memiliki tendensi untuk mengurangiselera makan Anda. Jadi lain kali jika Anda ingin makan keripik untukmelampiaskan stres, segera pasang sepatu olahraga Anda dan bergeraklah!

9. Jangan Tenggelamkan Diri Anda



Jika menginginkan sesuatu, Anda boleh sajamemilikinya namun usahakan dalam jumlah yang kecil saja. Menenggelamkan diriAnda pada hal-hal tertentu yang menjadi kesukaan Anda, apalagi bila dilakukanselama minimal tiga hari hanya akan membuat Anda ketagihan dan menerimakonsekuensi yang merugikan suatu hari nanti.

10. Kenali Diri Anda



Banyak orang yang makan untuk menenangkandirinya karena merasa tidak layak, kurang percaya diri, pencitraan diri yangrendah, kecemasan, emosinya tersakiti dan sedih. Cari tahu apa penyebab Andamelakukan kebiasaan makan itu dan konsultasikan pada ahlinya jika perlu.

: detik

Follow On Twitter