Arkeolog Temukan Rumah Kuno Di Era Zaman Besi




(Foto: Viking-archaeology)
Arkeolog dari museum ilmu pengetahuan di Trondheim, Norwegia menemukan fondasi dua rumah kuno besar peninggalan zaman besi. Situs rumah kuno tersebut berdekatan dengan area pemakaman terbesar di wilayah hallem, dekat Stiklestad di Trndelag.

"Ini sangat jarang terjadi di Norwegia. Ini benar-benar tidak terduga," ungkap arkeolog Marte Mokkelbost, seperti dikutip Viking-archaeology, Rabu (19/6/2013). Para arkeolog telah menemukan dua objek bersejarah yang diyakini sebagai "rumah panjang", yang mengkonfirmasi bahwa Stiklestad merupakan daerah yang dihuni oleh orang-orang kaya di era zaman besi.

Pemakaman di Stiklestad merupakan salah satu kumpulan pemakaman terbesar yang ada di Norwegia. Jarak dari satu rumah ke rumah kuno lainnya ini tidak jauh. Arkeolog mengukur salah satu rumah memiliki panjang lebih dari 50 meter serta lebar delapan meter.

Arkeolog di Universitas Trondheim, Lars Stenvik menjelaskan bahwa rumah tersebut mungkin dahulu berfungsi sebagai ruang pertemuan. Ruangan besar tersebut tidak hanya menjadi area tempat tinggal.

"Kami berpikir bahwa ini telah menjadi pusat penting bagi para pemimpin di zaman besi," kata Stenvik. Arkeolog menggunakan pendeteksi logam untuk mencari tempat bersejarah lainnya.

Arkeolog juga berharap bisa menemukan artefak yang mungkin dahulu dimiliki orang-orang yang tinggal di situs tersebut. Diketahui bahwa sebagian lantai di rumah era zaman besi tersebut masih utuh.

Wikipedia menerangkan, zaman besi merupakan tahap perkembangan budaya manusia, di mana penggunaan besi untuk pembuatan alat dan senjata sangat mendominasi. Perkiraan zaman besi dimulai pada 1300 - 600 sebelum masehi. (fmh)

Follow On Twitter