Peugeot Citroen Membuat Mobil Bertenaga Udara









Perusahaan mobil raksasa asal Prancis, Peugeot Citroen, berencana untuk meluncurkan sebuah mobil hibrida jenis baru, yang bertenaga tekanan udara. Inovasi teknis ini tidak hanya sekadar udara panas. Mereka akan meluncurkan produk mobil kecil dengan tenaga udara bertekanan sebelum 2016, lewat teknologi

Hybrid Air.






Sistem Peugeot Citroen Hybrid Air bekerja seperti mobil hibrida normal lainnya, sehingga akan ada mesin bensin konvensional untuk menggerakkan rodanya ketika Anda mengemudi pada kecepatan tinggi di jalan luar kota.

Namun, pada kecepatan rendah, energi tersimpan dalam bentuk tekanan udara yang juga digunakan untuk menggerakkan roda. Kendaraan kecil Peugeot dan Citroen di masa depan, seperti 107 dan C3, akan mampu melaju dengan suara sangat halus mengelilingi kota tanpa emisi dari knalpotnya.



Peugeot dan Citroen (PSA) memprediksi bahwa mobil dengan teknologi Hybrid Air akan mampu berjalan sejauh 141 mil (227km) per galon bensin bebas timbel, dan menjadi dua kali lebih ekonomis daripada mobil supermini terbaik yang sudah ada saat ini.
Jika klaim PSA tersebut terbukti, para pemilik mobil dapat mengurangi biaya bahan bakar mereka hingga setengahnya dan memenuhi syarat untuk mendapatkan surat bebas pajak jalan di Inggris. Hal itu karena tingkat emisinya hanya 69g/km CO2, yang membuatnya lebih bersih daripada kebanyakan mobil hibrida yang menggabungkan listrik dan bensin lainnya, seperti Toyota Prius.



Tangki udara bertekanan berada di bagian tengah mobil, terlihat dalam bentuk tangki biru yang berada di bagian tengah mobil. Ketika pengemudi mengerem untuk berhenti, energi yang hilang dalam bentuk panas dimanfaatkan untuk menggerakkan pompa yang mengisi tangki udara bertekanan.
Bayangkan saja seperti tangki oksigen seorang penyelam tapi ditekan dengan udara pada tekanan yang lebih tinggi. Energi padat ini akan menghasilkan kekuatan untuk memutar roda mobil pada kecepatan lambat.



Salah satu keuntungan tersembunyi dari sistem Hybrid Air adalah Anda tidak memerlukan elemen mahal apa pun yang diperlukan dalam pembuatan aki mobil listrik terbaru: seperti lithium dan nikel yang mahal dan sering kali ditambang dari negara-negara termiskin di dunia dengan biaya besar dan kemudian dikirim ke seluruh dunia, sehingga merusak ramah lingkungan nilai dari kendaraan listrik dan hibrida.
Peugeot Citroen mengklaim bahwa sistem alternatif dari penyimpanan udara bertekanan ini akan lebih dapat diandalkan di segala iklim, lebih murah untuk diproduksi dan tidak akan menurun fungsinya seiring berjalannya waktu, tidak seperti aki mobil konvensional.



Mulai 2016, ketika Peugeot Citroen berharap untuk meluncurkan teknologi tersebut, pengemudi bisa mengubah tombol untuk memilih apakah ia akan mengemudi dengan mode bensin yang normal, atau dengan udara bertekanan untuk berkeliling kota pada kecepatan rendah, atau kombinasi keduanya.
Peugeot 208 akan mengurangi biaya hingga 45% untuk menggunakan bahan bakar dalam kondisi perkotaan , namun pengemudinya tetap bisa melaju kencang, berkat mesin bensin 82hp dan 110hp yang dipasangkan dengan sistem Hybrid Air.



Prancis memiliki harapan besar terhadap sistem Hybrid Air udara bertekanan yang baru ini: Peugeot dan Citroen telah mendapat 80 hak paten, bersama dengan mitra teknis mereka Bosch dan Faurecia.
Mungkin akan ada banyak hambatan saat membawa teknologi rumit ini ke pasar otomotif, tetapi jika mereka bisa melakukannya dengan benar, maka mereka bisa melompati persaingan, utamanya dari Jepang dan Jerman yang saat ini mendominasi pasar dengan teknologi hibrida mobil bertenaga bensin dan listrik mereka.

Follow On Twitter